Tuesday, July 16, 2019

Rapat RSS-MSG Fiji, Tak Membahas ULMWP Melainkan Strategi Keamanan Regional Kawasan Melanesia

Bapak J. Rontini Bersama Peserta RSS-MSG di Fiji
Fiji.- Memiliki Dokumen Strategi Keamanan Regional sangat penting untuk kesejahteraan Negara-negara Melanesia dan wilayah Pasifik secara keseluruhan.

Hal tersebut dikatakan sekretaris tetap Menteri Pertahanan Manasa Lesuma pada pembukaan Melanesian Spearhead Group (MSG) – Regional Security Strategy Regional Security (RSS), yang dilasanakan di Nano's Tanoa International Hotel, Senin/15/07/2019.

Dilansir dari media fiji.gov.fj, Manasa Lesuma  mengatakan, Kelompok Kerja Strategi Keamanan Regional menyediakan platform penting menuju pengembangan dan memajukan Strategi Keamanan MSG dengan kemajuan yang mantap dicapai melalui strategi Keamanan Regional yang diantisipasi.

“Keamanan adalah pilar penting dari kerja sama MSG. Perjanjian yang menetapkan MSG mengakui pentingnya menyelaraskan kebijakan untuk memajukan tujuan bersama anggota MSG yaitu pertumbuhan ekonomi, pembangunan berkelanjutan, pemerintahan yang baik, perdamaian dan keamanan, ”katanya.

baca juga: Tulang belulang karyawan Istaka Karya korban pembantaian ditemukan

“Masyarakat yang aman dan terjamin adalah yang kami cita-citakan, di mana kami bergabung dengan kepercayaan bersama dan mengikat kami bersama untuk mempertahankan solidaritas dan ketahanan kami sebagai orang-orang Melanesia”.

Dengan para pemimpin MSG telah menyetujui pengembangan strategi keamanan regional, Mr Lesuma mengatakan bahwa strategi regional tercermin pada kebijakan masing-masing negara.

“Kita perlu memiliki strategi yang relevan dengan kebutuhan keamanan khusus dari perspektif hukum dan ketertiban, keamanan maritim serta bencana alam tetapi yang sangat penting adalah memiliki strategi yang terkait dengan strategi Keamanan Nasional kita masing-masing,” PS Lesuma menambahkan.

"Keberhasilan upaya kolektif kita akan ditentukan oleh strategi implementasi yang memastikan solusi dan manfaat nyata yang akan berkontribusi pada kesejahteraan rakyat kita."

"Kami, sebagai orang Melanesia, dapat mampu menyelesaikan dan mengurangi masalah kami sendiri dan strategi ini tidak diragukan lagi karena akan menetapkan arah strategis bagi anggota kami dalam hal memetakan peta jalan keamanan nasional di negara kami masing-masing."

Delegasi Indonesia hadir dalam pertemuan tersebut dan dipimpin langsung oleh putra terbaik Papua asal Kabupaten kepulauan Yapen-serui, yaitu bapak Jermias Rontini, S.IK, M.Si.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More