Tuesday, December 11, 2018

Pelabuhan Sorong Segera Dikembangkan Jadi Pelabuhan Internasional



Mewujudkan gagasan Presiden Joko Widodo tentang tol laut. Pemerintah Sorong bersama pemerintah pusat merancang pelabuhan atau mengembangkan pelabuhan Sorong menjadi pelabuhan bertaraf Internasional. Upaya tersebut adalah untuk meningkatkan kemajuan pembangunan dan perekonomian masyarakat Indonesia khususnya yang berada di wilayah timur yakni Papua.

Wali Kota Sorong Lambert Jitmau mengatakan, sebelumnya, Menteri BUMN Rini Soemarno dalam kunjungan di Manokwari pada 14 Agustus 2015 mengumumkan Pelabuhan Sorong yang memiliki posisi strategis adalah jalur utama alur tol laut wilayah Papua. Oleh karena itu, pelabuhan tersebut akan dikembangkan menjadi pelabuhan Internasional.

Lambert menjelaskan Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV Mulyono pada 26 Agustus 2015 di Kota Sorong mempertegas pernyataan Menteri BUMN bahwa Pelabuhan Sorong dipersiapkan sebagai hubungan utama kegiatan industri logistik di wilayah Papua.

Guna mewujudkan pelabuhan internasional tersebut, Pelindo IV menganggarkan Rp411,5 miliar untuk peningkatan infrastruktur pelabuhan Kota Sorong yang sedang berjalan. Pembangunan fisik ditingkatkan hingga mendongkrak kapasitas tampung.
Dia menambahkan kapasitas Pelabuhan Kota Sorong sekarang mencapai sebesar 44.000 TEU’s yang ditargetkan dengan program ini akan mencapai kapasitas 100.000 TEU’s pada 2019.

“Konstruksi berupa penambahan panjang dermaga sejauh 500 meter ke arah barat yang sedang berlangsung. Dengan demikian Pelabuhan Kota Sorong panjang dermaganya menjadi lebih dari 1 kilometer sehingga dapat melayani kapal ukuran besar sebanyak lima kapal sekaligus,” ujarnya.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More