Friday, December 28, 2018

Sepanjang Tahun 2018 Polri Berhasil Tangkap 22 Anggota KKB Papua

Keberhasilan Polri sepanjang tahun 2018, telah menangkap anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang kerap menggangu keamanan di Papua. Dalam penyampaian refleksi akhir tahun kinerja Polda Papua, terungkap sebanyak 22 anggota KKB telah ditangkap.

"Selama satu tahun ini Polda Papua sudah berhasil menangkap 22 pelaku dari Kelompok Kriminal Bersenjata dan juga sudah mengamankan 25 orang yang menyuplai senjata dan amunisi kepada kelompok tersebut," kata Kapolda Papua, Irjen Pol Martuani Sormin di Aula Rastra Samara Polda Papua, jumat (28/12/2018).
 
Dari hasil penangkapan tersebut, aparat gabungan TNI-POLRI juga berhasil menyita 20 pucuk senjata api dan 1.333 butir amunisi, mereka juga sudah diidentifikasi, termasuk kelompok pimpinan Egianus Kogoya yang melakukan pembantaian pekerja proyek Trans Papua.

"Ini artinya kelompok tersebut selain sudah diprofiling dan di-mapping areal operasinya, kami juga sudah melakukan upaya penangkapan dan proses pidana terhadap kelompok tersebut," ucap Kapolda.

Lanjutya, hingga saat ini, tim gabungan TNI-Polri terus melakukan pengejaran terhadap KKB yang telah membantai para pekerja proyek Trans Papua di Distrik Yigi, Mbua Kabupaten Nduga pada awal Desember 2018.

"Sampai saat ini tim masih bergerak namun tidak terlalu terfokus, karena masih dalam suasana Natal, namun akan kami fokuskan kembali pada bulan januari mendatang, dan hingga saat ini, situasi dikabupaten Nduga sudah aman dan aktivitas Natal berjalan seperti biasanya” 

Bahkan anggota TNI dan Polri melaksanakan Natal bersama masyarakat Nduga yang dihadiri juga oleh Matius Murib selaku pegiat Ham di Papua.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More