Monday, December 24, 2018

Warga Mbua ingin pembangunan jalan transPapua dilanjutkan

Papua. Warga Kampung Mbua, Distrik Mbua, Kabupaten Nduga, Papua, menginginkan pembangunan jalan transPapua tetap dilanjutkan pascakekerasan pada awal bulan Desember 2018.

Kepala Kampung Mbua Patianus Lokbere di Mbua, Senin mengatakan pembangunan jalan transPapua akan membuka berbagai macam akses pembangunan lainnya.

"Kami di sini inginkan pembangunan di semua bidang, baik jalan, perumahan dan lainnya," katanya usai ibadah Natal bersama menyambut perayaan Natal 25 Desember 2018 yang dipusatkan di Gereja Kemah Injil Kingmi jemaat Imanuel, Klasis Mbua, Kampung Mbua.

Menurut dia, aksi warga Mbua ingin rasakan pembangunan yang sama dengan distrik lainnya di Nduga, atau dengan kabupaten lain di pegunungan tengah Papua.

"Kami juga ingin ada kendaraan yang masuk di sini, kami ingin seperti di Wamena, Jayawijaya," katanya.

Lebih lanjut, Patianus mengatakan pembangunan yang dilaksanakan ada baiknya tetap diawasi oleh aparat keamanan sehingga tidak terjadi kekerasan seperti pada awal bulan ini.

"TNI dan Polri harus ikut awasi pembangunan. Karena kami ingin maju seperti daerah lain, tidak ingin pembangunan terhambat, kami mau anak-anak bisa sekolah dan dapatkan pendidikan yang lebih baik lagi," kata Patianus Lokbere.

Sementara itu, tokoh agama dari Gereja Kingmi Mbua Pendeta Nataniel Tabuni berharap agar Presiden Joko Widodo bisa melihat persoalan yang terjadi di Nduga.

"Harapannya, Pak Jokowi bisa melihat kami, persoalan yang dihadapi warga karena Nduga juga merupakan bagian dari Indonesia, butuh pembangunan yang baik," katanya.

Mengenai aksi kekerasan yang terjadi pada awal bulan in, Nataniel berharap hal itu tidak terulang kembali.
sumber: antara papua

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More