Friday, February 22, 2019

JER Tanggapi Putusan Hakim atas Vonis "RW" Penjara 2 Tahun 6 Bulan

Papua-Mimika. RW yang pada tahun lalu tertangkap di Bandar Udara Mimika saat hendak menyelundupkan 153 amunisi ke daerah Yahukimo dijatuhi hukuman penjara 2 tahun 6 bulan sesuai Pasal 1 ayat 1 Undang – undang Darurat no. 12 tahun 1951 lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum yaitu 3 tahun.

Hakim Ketua, Fransiscus Babtihista, SH yang memimpin jalannya sidang kasus tersebut mengatakan putusan sidang yang diberikan lebih ringan dikarenakan terdakwa RW selalu bersikap baik dan kooperatif selama menjalani persidangan dan juga telah menyesali perbuatannya.

Hal ini ditanggapi oleh Tokoh Papua Johan Efraim Rumbino yang biasa disebut JER, saat dimintai tanggapannya terkait dengan hasil putusan sidang pada hari Kamis 21/02/2019, JER mengungkapkan penyesalannya atas putusan tersebut, Jumat 22/02/2019.

JER mengatakan seharusnya Hakim lebih memikirkan dampak yang akan terjadi bila amunisi yang diselundupkan tersebut berada ditangan orang atau kelompok yang ingin mengacaukan Papua, pasti akan banyak nyawa-nyawa yang melayang akibat amunisi tersebut.

"Secara pribadi saya sangat menyesal dengan putusan hakim yang tidak mempertimbangkan bilamana amunisi tersebut digunakan oleh kelompok separatis Papua Merdeka,"ungkapnya.

Lanjutnya, Bersikap baik dan kooperatif dalam persidangan bisa menjadi pertimbangan putusan bagi hakim namun harus memperhatikan kasusnya juga, ini kan kasus yang bisa menghilangkan nyawa orang lain.

"Harapan saya, kedepan Hakim harus lebih mempertimbangkan dampak akibat dari kejahatan yang dilakukan dalam mengambil putusan,"tuturnya. [edison mambay]

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More