Friday, March 15, 2019

Bantuan 15 M ke Palestina Belum Sebanding dengan Dana Otsus untuk Papua

Vivapapua.com - Menteri luar negeri (Menlu) RI Retno Marsudi dan Komisioner Jenderal badan Bantuan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA) Pierre Ke Henb HI menandatangani perjanjian kontribusi kemanusiaan Indonesia bagi pengungsi Palestina dibJerash Camp, Yordania.

Menlu RI menyatakan Indonesia memberikan bantuan sebesar 1 juta dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 15 miliar untuk membantu kebutuhan makanan dan kesehatan para pengungsi.

Bantuan ini belum sebanding dengan dana Otsus yang diperuntukan untuk masyarakat Papua, baik yang ada di kota maupun di pedalaman. Untuk Papua menurut Michael selaku pemuda Papua yang turut mengawasi pendistribusian Otsus di Papua mengatakan bahwa pemerintah pusat sudah sangat baik dalam memperhatikan peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan di Papua, termasuk didalamnya bantuan sosial untuk para pengungsi, Jumat 15/03/2019.

"Seharusnya pemerintah provinsi Papua malu, kemana dana Otsus yang diperuntukan kepada orang Papua, terutama pengungsi dari Nduga pasca penembakan yang dilakukan oleh TPN OPM,"ungkapnya.

Michael menambahkan dana yang telah dikucurkan melalui Otsus semenjak tahun 2002-2016 sebesar Rp 59,51 triliun, sedangkan untuk tahun 2018 dana yang diberikan mencapai 8,36 triliun.

Jadi, bantuan yang diberikan oleh Indonesia kepada Palestina belum seberapa nilainya dibandingkan dengan dana Otsus yang selama ini dialokasikan untuk Papua, sehingga harus dipertanyakan kepada pemerintah provinsi Papua kemana dana bantuan untuk pengungsi Nduga yang saat ini berada di Wamena, pungkas Michael.

"Para pemangku jabatan dan elemen masyarakat yang ada di Papua, jangan hanya mengkritik pemerintah pusat, tetapi koreksi apa yang sudah dilakukan pemerintah Papua terhadap masyarakatnya sudah benar atau belum, kalau benar mengapa pengungsi dari Nduga tidak tertangani dengan baik padahal pemerintah pusat mengucurkan dana yang sangat besar," tuturnya.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More