Tuesday, July 9, 2019

Sebby Sambom: Pemberian Penghargaan “Freedom ox Oxford” Hanya Pembohongan Publik

Jayapura- Wacana Benny Wenda menerima penghargaan “Freedom ox Oxford” dari Dewan Kota Oxford, Inggris. Ketua United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) ditanggapi oleh juru bicara TPNPB Sebby Sambom, ini merupakan sebuah pembohongan publik.

Wacana pemberian penghargaan tersebut diberikan kepada Benny Wenda karena selalu berbicara tentang kemanusian seperti tokoh-tokoh dunia lainnya Colin Dexter, Nelson Mandela, Sir Roger Bannister dan Lord Nuffield yang pernah menerima penghargaan tersebut.

Diketahui Dewan Kota Oxford setuju untuk memberikan penghargaan kepada Benny Wenda pada Oktober setelah diusulkan oleh Walikota Oxford yang juga anggota Partai Hijau saat ini, Craig Simmons, seperti yang dilansir oleh media Papua Merdeka Jubi.co.id, terbit 8 juli 2019  (https://www.jubi.co.id/benny-wenda-akan-terima-penghargaan-freedom-of-oxford/).

Namun hal ini ditolak oleh KNPB dan TPN-OPM atas wacana pemberian penghargaan pasalnya Benny Wenda tidak berbicara untuk orang Papua secara utuh, melainkan kepentingan pribadi dan kelompok ULMWP.

Juru bicara TPN-OPM, Sebby Sambom, Minggu 7/7/2019 malam, seperti yang dilansir  media beritasatu.com (https://www.beritasatu.com/nasional/563195/tpnbopm-menolak-di-bawah-komando-benny-wenda) melalui suara pembaruan mengatakan, tentara Pembebasan Nasional Papua Barat, Organisasi Papua Merdeka (TPN-OPM) menolak adanya pembentukan tentara Papua Barat (TWP) di bawah komando United Liberation for West Papua (ULMWP) pimpinan Benny Wenda.

Sebby menggatakan, TPN-OPM tidak akan pernah mengakui adanya penghargaan yang diberikan oleh pemerintah inggris kepada Benny Wenda.

“Inggris Punya kepentingan atas papua dan Benny Wenda telah hidup dengan hasil menjual nama papua ke pemerintah inggris. Sedangkan kami TPN-OPM, hidup dan mati selalu ada di hutan belantara papua, apa kontribusi Benny Wenda kepada kami, tidak ada dan malah justru ingin membubarkan kami TPN-OPM dan menggatikannya dengan TWP. Ini perjuangan yang bukan murni datang dari masyrakat papua”, Tegasnya.

baca juga: sebby sambon: perang ini harus nyata

Banyak kebohongan yang dilakukan oleh Benny Wenda dan telah memalukan dan menodai perjuangan papua merdeka di luar negeri. Salah satunya adalah, penandatangan petisi, sambungnya.

“Kami heran, kami TPN-OPM yang hidup dengan masyarakat di kampung-kampung dan tidak pernah kami melihat ada masyarakat yang menandatangi petisi itu. kami kaget saat mendengar ada banyak tanda-tangan dan nama-namanya juga tidak sesuai dengan kartu keluarga dari masing-masing keluarga, semua nama itu adalah fiktif," ungkap Sebby.

Didalam petisi itu terdapat juga banyak orang yang telah meninggal dunia masa iya diberikan pengghargaan untuk orang yang telah melakukan pembohongan terhadap orang papua, intinya kami menoloka dengan tegas dan menyatakan bahwa ini adalah pembohongan, tutur Sebby mengakhiri wawancaranya.

Sumber: suarapapua

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More